08 Oktober 2007

Persiapan Sebelum Touring

Sebelum kita melakukan touring ada banyak hal yang perlu di persiapkan terutama kondisi motor,motor harus siap sedia untuk di ajak toruing,untuk itu kita harus menserfisnya ke bengkel langganan kita atau ke dealer,akan tetapi jika kita ingin mengeceknya sendiri ada beberapa hal yang bisa kita kerjakan tanpa harus pergi ke bengkel,dalam hal ini saya akan berbagi pengalaman pribadi saya sendiri kepada brothers semua yang akan mau touring,kira-kira apa saja yang perlu untuk di sipakan?

  1. Ban

- Periksa kondisi ban kita apakah masih ada kembangannya ataukah sudah halus,jika sudah halus mendingan segera ke bengkel dan di ganti

- Periksa Tekanan Angin depan belakang usahakan dalam kondisi tekanan ban sesuai dengan kebutuhan

  1. Shock breaker

- Periksa jarak main shock agar ketika kita kendarai bisa lebih aman dan nyaman,jarak main shock yang aman adalah minimal 10 cm,cara ngukurnya kita naikin motor kita dan kita tekan shock depan kita,nah dari situ kita ukur berapa jarak main shocknya,tapi ingat meskipun jarak mainya sudah 10cm tapi jangan sampai shocknya mentok agar tidak merusak spakbor depan kasih jarak toleransi tabung shock dengan komstir minimal 10-5cm

- Usahakan jangan memakai shock breaker variasi atau hasil modifikasi untuk depan ataupun belakang,karena kekuatan keamanan dan keselamatan tidak terjamin,kecuali kita gunakan shock dari limbah motor bekas ataupun moge tapi dengan syarat kondisinya harus masih baik dan layak pakai

  1. Rantai dan Gir

- Perikas kondisi rantai apakah masih bagus atau sudah layak untuk di ganti,periksa kekenduran rantai jangan terlalu kencang karena kalau terlalu kencang rantai bisa putus dan bisa bikin gir cepet lancip atau terlalu kendur karena jika terlalu kendur rantai bisa terlepas dari gir dan tarikan motor juga kurang spontan

- Periksa kondisi gir apakah masih bagus (gigi2nya masih tumpul) ataukah sudah aus (gigi2nya sudah lancip) kalo sudah lancip mendingan segera di ganti baru saja

  1. Kelistikan

- Accu = Perikas apakah air aki masih full ataukah sudah low “lihat di aki” jika batas aki sudah pada posisi low segera isi ulang air akinya sampai pada posisi full,Periksa juga apakah akinya masih TOKCER atau sudah lemah,caranya nyalakan motor menggunakan electrik starter,nyalakan semua kelistrikan lihat apakah kondisi nyalanya masih normal atau sudah redup

- Lampu lampu = Periksa kondisi semua lampu dari mulai lampu depan,belakang,dan sein semuanya harus bisa nyala,ganti segera jika ada yang mati karena akan mengganggu fungsi keselamatan bersama di jalan raya

- Klakson = usahakan klakson bisa berbunyi normal agar kita bisa kasih tanda untuk penguna jalan lain

  1. Mesin

- Oli = Periksa oli apakah masih banyak atau sudah berkurang,tambahkan oli yang masih baru secukupnya jika perlu,dan periksa kekentalan oli dan warnanya jika sudah encer dan berwarna hitam pekat mendingan di ganti baru,dan usahakan ganti oli setiap 2000km

- Service ringan mesin = untuk masalah service mesin perlu keahlian khusus karena banyak hal yang harus di cek dan di setel ulang,untuk lebih baiknya bawa ke bengkel langganan anda atau service ke dealernya,tapi kita bisa melakukan service ringan di sekitaran karburator yaitu untuk membersihkan kerak di dalamnya caranya buka karburator lalu bersihkan kerak2 di dalamnya dengan menggunakan bensin,INGAT jangan nekat menyeting apapun yang ada di karburator jika tidak bisa atau mengerti

  1. Mur dan baut

- periksa kekencangan mur dan baut di semua bagian pada motor anda agar tidak terjadi sesuatu yang tidak di inginkan ketika kita lagi berkendara dijalan

  1. Pengereman

- Rem Cakram = periksa kondisi kampas remnya,ganti segera dengan yang baru jika sudah aus,dan tambahkan oli pada master remnya jika batas oli sudah pada posisi low

- Rem Tromol = periksa kondisi kampas remnya,ganti segera dengan yang baru jika sudah aus,dan setel kepakeman pengeremannya jangan terlalu pakem atau kurang pakem,setel sesuai kebutuhan

  1. Kopling

- Setel kekencangan kopling sesuai kebutuhan jangan terlalu kencang karena bisa merusak kampas kopling

Selain service kecil di atas,ada beberapa hal yang harus di lakukan yaitu usahakan semua bagian motor mengunakan sparepart asli guna mendukung kenyamanan dan keamanan saat kita berkendara dan selalu menggunakan dua sepion agar memudahkan kita melihat arah belakang dengan leluasa

Dan ingat bawa sparepart cadangan sesuai kebutuhan motor seperti busi,lampu depan, lampu belakang, lampu sein,sambungan rantai,dan kabel koling,bawa oli juga perlu,karena semua tu akan sangat membantu teman satu rombongan kita jika ada yang membutuhkannya

Bawa juga perkakas ringan seperti obeng,tang,kunci ring 8,10,12,14 atau sesuai kebutuhan

Nah itu untuk persiapan motor kita sebelum berangkat touring

Untuk kita sendiri :

- usahakan dalam kondisi sehat baik fisik maupun mental

- bawa pakaian seperlunya

- bawa perlengkapan mandi seperlunya jika dibutuhkan

- bawa uang dalam pecahan secukupnya sesuai kebutuhan

- bawa makan ringan atau buah2an jika di perlukan sesuai kebutuhan untuk di makan di saat beristirahat di tengah2 perjalanan

- bawa minuman berenergi atau bersuplemen atau air mineral sesusai kebutuhan

- usahakan tidur dulu sebelum berangkat agar tidak ngantuk di jalan,minum kopi sebelum berangkat jika perlu

- selain pakaian yang kita gunakan,gunakan juga pakaian safety tambahan saat berkendara seperti jaket,sarung tangan,pelindung siku,pelindung lutut,pelindung dada sepatu touring dan masker

- Siapkan keperluan P3K dan obat2an : – perban – obat merah – kapas – plester luka – minyak kayu putih – obat masuk angin – balsem – ataou obat pribadi buat yang punya alergi alergi tertentu karena akan sangat membantu kita dan rombongan jika terjadi kecelakaan atau ada yang sakit dan membutuhkan obat2an tersebut

- pamit dulu ama Orang tua atau istri dan anak atau pacar ataupun atasan di tempat kerja kamu biar mereka mendoakan kita agar selamat di jalan sampai tujuan dan pulang dengan dengan selamat

Setelah semua diatas itu sudah siap,sebelum berangkat jangan lupa berdoa kepadan tuhan YME yang memberi kita kesehatan dan risky dan agar perjalanan kita selalu dalam perlindungannya

INGAT!!! Sebelum berangkat usahakan panasin dulu mesin motor dengan kick staternya,panasin 3-5 menit agar kinerja oli pada mesin bisa merata maksiamal

Itu sedikit bagi2 pengalaman dariku semoga bisa membantu anda sebelum melakukan taouring dan selalu gunakan jalan dengan baik dan bijak,karena semua pengguna jalan mempunyai hak yang sama di jalan raya.

JANGAN EGOIS,JANGAN SOMBONG DAN JANGAN AROGAN SAAT DI JALAN RAYA

SAFETY FIRST,SAFETY RIDING FOR ALL ON THE WAY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah membaca postingan ini,Kasih komentar buat postingan ini karena komentar anda sangat membantu saya untuk belajar dalam dunia blogger ini